Hubungan Semiotika dan Laptop

 

Semiotika adalah sebuah disiplin ilmu dan metode analisis yang dapat mengkaji tanda-tanda yang terdapat pada suatu objek untuk diketahui makna yang terkandung dalam objek tersebut. SEMIOTIKA berasal dari bahasa Yunani “Semeion”, yang berarti tanda. Semiotika adalah ilmu yang mempelajari tanda (sign). Dalam kehidupan sehari – hari secara tidak kita sadari, ada banyak sekali semiotika atau tanda di sekitar kita. Dari suatu hal yang kecil, bahkan hingga suatu hal yang luar biasa bisa menjadi tanda atau penanda. Seperti saat ini saya akan membahas tentang laptop yang saya punya dan akan dihubungan dengan teori segitiga makna atau meaning triangle semiotika.

Laptop dapat dikatakan menjadi perangkat yang dibutuhkan pada saat ini selain smartphone. Selain mudah dibawa ke mana-mana, laptop juga memiliki berbagai manfaat dan kelebihan yang ditawarkan sehingga dapat mempermudah penggunanya dalam kegiatan sehari-hari. Pada dasarnya laptop juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan komputer, namun laptop mempunyai ukuran yang lebih kecil, dan ringan dibawa, sehingga lebih efisien saat digunakan untuk kegiatan di luar rumah.



Seperti laptop yang saya miliki bermerek HP Pavilion Gaming 15. Warnanya mengusung perpaduan antara Shadow Black dengan aksen Acid Green pada Logo dan area keyboard. Terdapat logo HP yang mengkilat di belakang layar dan identitas “Pavilion” pada bagian belakang engsel yang berwarna Acid Green. Laptop ini diberikan oleh orang tua saya sebagai hadiah atas kelulusan saya saat SMA. Setelah lulus dari SMA saya masuk ke jurusan Desain Komunikasi Visual, laptop ini sangat memudahkan saya dalam proses belajar dan mengerjakan tugas. Selain untuk kebutuhan kuliah saya biasa menggunakan laptop untuk bersenang – senang, seperti menonton film, bermain game ,  tetapi lebih sering digunakan untuk bermain game. Bermain game online dengan teman menggunakan aplikasi discord untuk berkomunikasi satu sama lain. Laptop ini bisa dibilang merupakan saksi dalam masa kuliah saya, banyak pengalaman berharga ada pengalaman buruk maupun yang baik. Seperti mengerjakan tugas yang deadlinenya hanya tinggal beberapa jam jadi mengharuskan saya mengerjakannya semalaman sampai pagi lagi. Hingga saat ini laptop ini masih lancer dan belum mengalami eror dan sebagainya dan saya  gunakan lebih untuk belajar, mulai dari belajar mendesain melalui photoshop dan sebagainya. Jika mulai bosan atau mumet dalam belajar laptop ini saya gunakan untuk bermain game Bersama teman – teman saya.

Dalam semiotika yang dipopulerkan oleh Charles Sanders pierce mengemukakan teori segitiga makna atau meaning triangle. Segitiga makna ini berisi dari tiga elemen utama, yakni tanda (sign), object, dan interpretant. Tanda menurut Peirce terdiri dari Simbol (tanda yang muncul dari kesepakatan), Ikon (tanda yang muncul dari perwakilan fisik) dan Indeks (tanda yang muncul dari hubungan sebab-akibat). Objek atau acuan tanda adalah konteks sosial yang menjadi referensi dari tanda atau sesuatu yang dirujuk tanda. Interpretant atau pengguna tanda adalah konsep pemikiran dari orang yang menggunakan tanda dan menurunkannya ke suatu makna tertentu atau makna yang ada dalam benak seseorang tentang objek yang dirujuk sebuah tanda.



Dalam kasus ini saya letakan . pada sign ( tanda ) diisi oleh nama dari objek yang dituju yaitu laptop HP Pavilion Gaming 15. Lalu pada object ( objek ) diisi oleh bendanya itu sendiri yaitu laptop. Selanjutnya pada interpretant ( tafsiran ) merujuk pada tafsiran dari laptop tersebut yang digunakan untuk mencari informasi atau media untuk belajar mendesain digital dan untuk hiburan yaitu bermain game.



Sekian penjelasan sekaligus cerita yang dihubungkan ke semiotika dari saya mohon maaf bila ada kesalahan atau sebagainya, Terima kasih.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mitos, Memahami Makna dan Pengalaman dari Lagu Kota-Dere

ANALISIS SEMIOTIKA MAKNA KESENDIRIAN PADA LIRIK LAGU "RUANG SENDIRI" KARYA TULUS

ANALISIS FILM "MARMUT MERAH JAMBU" KARYA RADITYA DIKA